Welcome to My Blog 👌
Ciri-Ciri
Public Relations
Fungsi public relations
dijalankan berdasarkan dengan adanya ciri-ciri yang terdapat pada setiap
kegiatan public relations, yaitu :
a. Humas adalah kegiatan komunikasi dalam suatu organisasi yang berlangsung dua
arah secara timbal balik.
b. Humas merupakan penunjang tercapainya tujuan
yang ditetapkan oleh manajemen suatu organisasi.
c. Publik yang menjadi sasaran kegiatan public
relations adalah public ekstern dan public intern.
d. Operasionalisasi public relations adalah
membina hubungancyang harmonis antara organisasi dengan publik dan mencegah
terjadinya rintangan psikologi baik yang timbul dari pihak organisasi maupun
dari pihak publik.
(Effendy, 1998:24)
Ciri public relations yang pertama yaitu kegiatan public relations
berlangsung dua arah secara timbal balik , maksudnya adalah pada jalur pertama
komunikasi berbentuk penyebaran informasi oleh pihak perusahaan melaui public
relations, setelah itu terjadi proses penyampaian tanggapan atau opini publik dari
pihak publik kepada public relations.
Ciri yang kedua yaitu public relations merupakan penunjang
tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen suatu organisasi. Maksudnya adalah
kegiatan komunikasi yang dijalankan oleh public relations akan menunjang upaya
perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Public relations
berusaha mengkomunikasikan program perusahaan dengan sebaik-baiknya pada
publik, hingga tujuan dari program yang ditetapkan perusahaan dapat segera
terealisasi, hal ini merupakan wujud nyata bahwa public relations menunjang
pencapaian tujuan perusahaan.
Ciri yang ketiga yaitu, publik yang menjadi
sasaran public relations adalah public internal dan public eksternal. Publik di
dalam organisasi diarahkan dan dikerahkan kepada pencapaian tujuan yang telah
ditetapkan organisasi. Perilaku individual karyawan sebagi public internal
diarahkan agar dapat sesuai, selaras, dan serasi dengan tujuan organisasi atau
perusahaan. Cara yang dilakukan oleh public relations adalah dengan melakukan
proses-proses komunikasi.
Ciri yang ke empat operasionalisasi public
relations adalah membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publik
dan mencegah terjadinya rintangan psikologis baik yang timbul dari pihak
organisasi maupun dari pihak publik, maksudnya adalah public relations berusaha menciptakan suasana yang harmonis antara publik dengan
perusahaan. Hubungan yang harmonis ini mencakup sikap yang menyenangkan (favorable),
itikad baik (goodwill), saling pengertian (mutual understanding),
toleransi (tolerance), saling mempercayai (mutual confidence),
saling menghargai (mutual appreciation), dan citra baik (good image).
(Effendy, 118:25). Selain itu public relations juga harus peka terhadap
gejala-gejala yang timbul pada publiknya, hal ini dilakukan agar bila terjadi
gejala yang negatif terhadap publiknya, public relations dapat segera mengambil
langkah-langkah penanggulangan.
By : Blog si Anak Labil
No comments:
Post a Comment