Welcome to My Blog 👌
2.1.
Pengertian, Tujuan dan Fungsi Public Relations
2.1.1. Pengertian Public Relations
Pada hakekatnya Public Relations ini merupakan metode komunikasi yang meliputi
berbagai teknik komunikasi. Dimana didalam kegiatannya terdapat suatu usaha
untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antara suatu badan / perusahaan dengan
publiknya. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa Public Relations merupakan
suatu fungsi management. Disini diciptakan suatu aktifitas untuk membina dan
memelihara sikap budi yang menyenangkan bagi suatu lembaga/ perusahaan disuatu
pihak dengan public dipihak lain.
Menurut Public Relations News ( Bettrand R Canfield, 1964, hal 4) “Public
Relations is the management function which evaluates public attitudes,
identifies the polieses and procedures of public interest and executes a
program of action to earn public understanding and acceptance” (Public
Relations adalah fungsi manajemen dimana manajemen mengevaluasi perilaku
masyarakat, mengidentifikasi dan mencari tahu minat masyarakat kemudian
menyusun program dan melaksanakannya untuk menciptakan pengertian di
masyarakat).
Lembaga Public Relations di Amerika Serikat mendefinisikan : Public Relations
adalah “Usaha yang direncanakan secara terus menerus dengan sengaja guna
membangun dan pengertian timbal – balik antara organisasi dan masyarakatnya”.
Sedangkan menurut The British Institute Of Public Relations (Teguh Meinanda,
1989 : 36) : Public Relations adalah “Keseluruhan upaya yang dilangsungkan
secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara
niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap
khalayaknya”.
Tujuan dari public relations adalah mewujudkan hubungan yang harmonis atau
menciptakan opini public yang favorable baik internal maupun eksternal.
Adapun fungsi dari Public Relations menurut Bettrand R. Canfield ( 1964 : 6 )
adalah sebagai berikut :
a.
Mengabdi kepada kepentingan umum
Jika tidak untuk kepentingan publik baik itu internal maupun eksternal, maka
tidak mungkin akan tercipta suatu hubungan yang menyenangkan. Sebaliknya suatu
badan / perusahaan akan dapat sukses apabila segala tindakannya adalah sebagai
pengabdian kepada kepentingan umum.
No comments:
Post a Comment